Langsung ke konten utama

Komunitas Longboard,Aksi Ekstrim Para Penyuka Kecepatan




Komunitas Longboard,Aksi Ekstrim Para Penyuka Kecepatan

Longboard. Olahraga yang lebih mirip dengan skateboard ini ternyata sudah memiliki komunitasnya. Seperti Longboard Tangerang, baru berdiri 2011, anggotanya sudah menjadi bagian dari Indo Longboard atau Indonesian Longboard.

Anggotanya memang baru dibawah 10 orang, namun jangan tanya soal eksistensinya. Karena sebelum terbentuk atau mengeksiskan diri di wilayah sendiri, mereka sudah lebih dulu sering nongkrong bareng di Senayan.

“Kalo di Tangerang kita belum punya basecamp, paling kalo mau latihan di Taman Kota 2, Bunderan yang mau ke arah Tol BSD, sampai di jalanan menuju lapangan Golf BSD,” kata Michael Richard Sanjaya, salah seorang anggota longboard. Menurut Richard, latihan atau permainan longboard sebenarnya bisa dilakukan dimanapun. Asal, jalanan tersebut menurun dan memiliki aspal yang halus. Bagaimanapun juga, meluncurnya dan rem papan longboard, akan tergantung dengan jalan yang mulus.

“Makanya kita tuh paling enggak bisa liat jalan menurun yang nganggur, pasti dijadiin arena seluncur kita,” kata Richard dengan nada becanda. Jalan yang menurun, ternyata membuat papan longboard akan melaju dengan sangat kencang, makanya dibutuhkan kemampuan kecekatan dan kemahiran pemain longboard untuk menguasai papan seluncurnya.

Menurut Aldian, salah seorang anggota lainnya, papan yang meluncur menurun dan kencang membuat olahraga ini jenis yang ekstrim. Makanya, dia menyarankan untuk pemain longboard, wajib mengenakan alat pelindung layaknya pemain skate board.

“Seperti helm, pelindung sikut dan dengkul, jangan lupa pakai sepatu,” kata Aldian. Kemungkinan jatuh saat bermain pasti ada, namun, Aldian menjamin, jika pemain melindungi diri mereka dengan standar, kemungkinan untuk cedera berat tidak akan terjadi.

Namanya hobi, walau sudah cedera pasti tidak akan ada kapoknya. Menurut Aldian, jika seseorang sudah memainkan longboard, pasti akan ketagihan. Makanya, untuk mengumpulkan para penghobi longboard di Indonesia maupun dunia, komunitas ini memiliki berbagai event menarik.
“Selain dua kali seminggu kumpul di Senayan, tiap tahun kita juga punya event menarik,” kata Aldian. Seperti tahun lalu, pecinta longboard Indonesia bergabung di Dago Atas, Bandung Jawa Barat.

Kemudian dilanjut awal 2012, Jakarta Street Bomb. Komunitas longboard memulai start nya dari Senayan, menuju Gelora Bung Karno (GBK). Dan tahun ini, perbukitan Cikole Lembang, Bandung Jawa Barat akan menjadi arena seluncur mereka kembali.

“Kali ini, atlet longboard dari luar Indonesia direncanakan akan turut hadir,” cerita Aldian. Berbagai kegiatan menarik ini, dikatakannya, akan mengeksiskan longboard Indonesia di mata dunia. Terlebih, Longboard Girl Crew di Indonesia sudah jadi brand ambasadornya longboard dunia. Jadi berbagai event menarik pasti mendatangkan atlet longboard dunia.



Surfing Tanpa Laut


Orang awam akan mengira longboard sejenis skateboard dengan papan seluncur yang lebih besar dan panjang ukurannya. Secara sepintas, memang papan longboard mirip dengan skate, hanya saja lebih banyak variasi dan dibedakan sesuai fungsi permainannya.


Namun jika anda seorang pemain longboard dan sudah menguasai trik permainannya, anda akan berpendapat longboard adalah surfing tanpa laut.

“Surfingnya orang kota, yang kejauhan menuju laut. Atau bisa juga gabungan permainan skate board dengan surfing,” ujar Richard. Menurut Richard, orang yang mahir memainkan skateboard, dia akan lihai pula memainkan papan longboardnya. Soalnya, olahraga asal benua Eropa itu memiliki berbagai trik yang lumayan berbahaya bagi pemula. Richard pun menguraikan setidaknya ada slide, Switch, dan dancing.

“Slide atau meluncur sendiri, posisi badan mencondong kedepan atau membungkuk, bisa juga berdiri sikap biasa,” ujarnya. Posisi kaki yang miring, memungkinkan untuk membelok kanan kiri papan longboard, agar perjalanan meluncur terasa lebih menarik.

Untuk ngerem, posisi pemain longboard akan jongkok dipapan. Sarung tangan tebal sangat berguna untuk bersentuhan dengan aspal, agar papan tertahan dan berhenti. Jika menuruni bukit, ujar Richard rem akan sering dilakukan ditiap tikungan jalanan bukit.

Selain berfungsi untuk rem, switch juga berfungsi untuk peralihan agar papan longboard masih dalam kendali si pemainnya. Namun, jelas Richard, yang perlu diperhatikan, jika ngerem, jalan mulus tanpa lubang atau kerikil, sangat mendukung proses ngerem.

“Karena kalau ada batu kecil saja, saat kita ngerem, itu malah membuat kita gagal, dan resiko terjatuh pun bisa saja terjadi,” ujar Richard. Biasanya, jika sudah bisa mengedalikan papan seperti ini, akan mahir sendiri memainkan trik longboard lainnya.

Seperti dancing. Menurut Richard, teknik ini biasa dimainkan pemain longboard wanita. Menari diatas papan akan lebih terlihat menarik, karena dia akan menari sambil memainkan papan longboardnya kesana kemari.


========

Longboard, Surfing di Daratan


Longboard. jenis olahraga baru yang diadaptasi dari surfing dan skateboarding. Konsepnya berangkat dari kekecewaan para pecinta surfing yang tinggal terlalu jauh dari pantai. Meski nggak ada pantai, ide tetap jalan. Nah, papan surfing yang biasa digunakan pada olahraga selancar ini kemudian dimodif agar bisa meluncur di tanah. Meskipun sekilas memang mirip dengan skateboard, kalau diperhatikan lebih jelas lagi akan terlihat perbedaannya. Mulai dari jenis papan hingga teknik permainannya.


INDO Longboard, The Community

Opik, salah satu pendiri INDO Longboard mengungkapkan bahwa olahraga ini sudah mulai diminati masyarakat, meskipun memang belum sefamiliar skateboard. Komunitas yang berdiri 28 Agustus tahun lalu ini sudah mulai banyak merangkul anggota. Berawal hanya dari coba-coba dengan satu board untuk 7 orang, sampai setiap orang punya 2 board sendiri. Kalau mau nengok latihannya, kalian bisa langsung datang ke Gelora Bung Karno tepatnya di pintu 7 setiap hari Selasa dan Kamis.Untuk weekend, kalian bisa cek langsung di TMII setiap Sabtu pagi dan di Car Free Day sekitaran Sudirman dan Semanggi setiap Minggu pagi. 

Januari lalu, INDO Longboard menyelenggarakan event Jakarta Street Bomb, acara pertama bagi para longboarder di Indonesia. Konsep acara ini awalnya hanya sebagai ajang kumpul para longboarder Indonesia, tapi nyatanya respon yang diterima sangat baik. Terbukti dari banyaknya brand ternama yang tergabung sebagai sponsor. Sebut saja dari Quicksilver, Vans, Billabong, dan beberapa brand indie Bandung.

The Skills and The Board

Menurut Tony yang juga dikenal sebagai instruktur skateboard profesional, Longboard memang terkesan lebih mellow, jadi untuk starter pemula bisa lebih mudah. Intinya, biarpun sudah berumur kita masih bisa berolahraga Longboard. "Kalau skate butuh teknik dan skill yg lebih tinggi. Longboard sih lebih santai," ungkap Tony. Papan yang digunakan dalam longboard juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, disesuaikan dengan track-nya. Untuk down hill biasanya menggunakan papan yang lebih panjang. Hindari menggunakan papan pendek di track down hill karena lebih berisiko jatuh. Namun, kalau hanya ingin sekedar bergerak santai di jalan mulus dan rata kita bisa menggunakan papan yang lebih pendek. Dalam longboard juga dikenal beberapa teknik seperti slide, switch, dan dancing atau menari di atas board yang biasanya dilakukan para anggota Longboard Girls Crew Indonesia (LGCI) yang diperuntukkan bagi para longboarder perempuan. 

Try It and Love It!

Tertarik buat gabung? Nggak usah bingung, di komunitas ini nggak ada anggota resmi, jadi siapapun bisa gabung. Datang aja! Buat urbanesian yang memang minat coba olahraga satu ini, para instruktur dan anggota INDO Longboard akan dengan senang hati mengajarkan berbagai teknik dan trik yang menarik. Nggak perlu khawatir dengan masalah board, di sini kalian akan disediakan board sendiri, cukup bawa badan dan niat. Simple, kan? Ayo gabung INDO Longboard!

Tentang Longboard

Info Indo Longboard
Longboard Girls Crew Indonesia di Acara Ngerumpi Days Out 2012




Indo Longboard - http://www.facebook.com/pages/Indo-L...40135586040813

Selain itu ada juga komunitas lain.

Longboard Girls Crew Indonesia: http://www.facebook.com/LGCIndonesia

Jakarta Longboarders: http://www.facebook.com/pages/Jakart...69410823089610

LAKA (Longboard Aing Kumaha Aing) Bandung:http://www.facebook.com/groups/182528915166413/

Kalau info2 terbaru tentang Longboard di Indonesia bisa ke blog berikut ini

Papan Panjang: http://papanpanjang.tumblr.com/

sumber:

http://satelitnews.co.id/komunitas-l...uka-kecepatan/

http://jakarta.urbanesia.com/article...ind-of-surfing


plus kaskus.co.id

Postingan populer dari blog ini

Trainz Simulator 12 (PC) Free Download Full Version No Torrent

Release-Date: 12/12/11 
Protection: Serial 
Disc Count: 1 DVD 
Game Type: Simulator 
Languages: EN / DE / FR / PL / CZ / RU / JP


In Trainz Simulator 12 player will have a large fleet of locomotives, from the old steam models to modern electric locomotives.Continuing the fine tradition of the game you will have the opportunity to admire the beauty of the vast expanses of the former Soviet Union. Map and scenario "Fantasy", developed by a group of fans of this game will give you the opportunity to take a fascinating journey through the expanses of the Ukraine, not only through space but through time. During the hour-long trip you will see a shift of all four seasons. Build and operate the railroad of your dreams ... Now, together with your friends! InTrainz Simulator 12 came one of the most impressive features of the history of Trainz - the possibility of a multiplayer online game! From now on, rail fans around the world can not only communicate with each other, and together build …

7 “Mitologi” Terkenal dalam Islam

1.Buraq

Buraq atau “cahaya atau kilat” adalah sesosok makhluk tunggangan ajaib, yang membawa Nabi Muhamad SAW dari Masjid al-Aqsa menuju Mi’raj ketika peristiwa Isra Mi’raj. Makhluk ini diciptakan Allah tebuat dari cahaya. Dilihat dalam kamus bahasa, maka kita akan menemukan istilah “buraq” yang diartikan sebagai “Binatang kendaraan Nabi Muhammad Saw”, dia berbentuk kuda bersayap kiri kanan. Dalam pemakaian umum, “buraq” itu berarti burung cendrawasih, yang oleh kamus diartikan dengan burung dari sorga (bird of paradise). Sebenarnya “buraq” itu adalah istilah yang dipakai dalam Al Qur’an dengan arti “kilat” termuat pada ayat 2/19, 2/20 dan 13/2 dengan istilah aslinya “Barqu”.



2. Dabbat al-Ard

Dabbat al-Ard adalah sebuah frasa yang berarti binatang buas (monster) yang muncul dari perut bumi. Dalam Islam binatang ini sebagai salah satu tanda sebelum datangnya Hari Penghakiman. Binatang melata ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, setelah peristiwa Matahari terbit dari Barat, ia…

Hiu Megalodon dan Melvellei Leviathan

Megalodon
Para Ahli mengatakan :




Menurut saya Megalodon masih hidup di Samudra yang memiliki kedalaman yang besar seperti Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.Megalodon adalah sebuah spesies ikan hiu purba raksasa. Hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu, hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti "gigi yang besar". Hewan ini termasuk jenis hiu perairan yang sangat dalam dan hiu ini jarang sekali naik ke permukaan, kecuali untuk mencari mangsa. Isu yang tersebar, meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih.

Berikut ini ada artikel mengenai dugaan Megalodon masih hidup di beberapa Samudra




Apakah Megalodon Masih Hidup?


Semua hiu megadolon sudah punah, Namun, ada rumor yang mengatakan bahwa hiu tersebut masih hidup.
Ada banyak sightings hiu raksasa yang luar biasa, kemungkinan megalodons. ju…