Langsung ke konten utama

Komunitas Longboard,Aksi Ekstrim Para Penyuka Kecepatan




Komunitas Longboard,Aksi Ekstrim Para Penyuka Kecepatan

Longboard. Olahraga yang lebih mirip dengan skateboard ini ternyata sudah memiliki komunitasnya. Seperti Longboard Tangerang, baru berdiri 2011, anggotanya sudah menjadi bagian dari Indo Longboard atau Indonesian Longboard.

Anggotanya memang baru dibawah 10 orang, namun jangan tanya soal eksistensinya. Karena sebelum terbentuk atau mengeksiskan diri di wilayah sendiri, mereka sudah lebih dulu sering nongkrong bareng di Senayan.

“Kalo di Tangerang kita belum punya basecamp, paling kalo mau latihan di Taman Kota 2, Bunderan yang mau ke arah Tol BSD, sampai di jalanan menuju lapangan Golf BSD,” kata Michael Richard Sanjaya, salah seorang anggota longboard. Menurut Richard, latihan atau permainan longboard sebenarnya bisa dilakukan dimanapun. Asal, jalanan tersebut menurun dan memiliki aspal yang halus. Bagaimanapun juga, meluncurnya dan rem papan longboard, akan tergantung dengan jalan yang mulus.

“Makanya kita tuh paling enggak bisa liat jalan menurun yang nganggur, pasti dijadiin arena seluncur kita,” kata Richard dengan nada becanda. Jalan yang menurun, ternyata membuat papan longboard akan melaju dengan sangat kencang, makanya dibutuhkan kemampuan kecekatan dan kemahiran pemain longboard untuk menguasai papan seluncurnya.

Menurut Aldian, salah seorang anggota lainnya, papan yang meluncur menurun dan kencang membuat olahraga ini jenis yang ekstrim. Makanya, dia menyarankan untuk pemain longboard, wajib mengenakan alat pelindung layaknya pemain skate board.

“Seperti helm, pelindung sikut dan dengkul, jangan lupa pakai sepatu,” kata Aldian. Kemungkinan jatuh saat bermain pasti ada, namun, Aldian menjamin, jika pemain melindungi diri mereka dengan standar, kemungkinan untuk cedera berat tidak akan terjadi.

Namanya hobi, walau sudah cedera pasti tidak akan ada kapoknya. Menurut Aldian, jika seseorang sudah memainkan longboard, pasti akan ketagihan. Makanya, untuk mengumpulkan para penghobi longboard di Indonesia maupun dunia, komunitas ini memiliki berbagai event menarik.
“Selain dua kali seminggu kumpul di Senayan, tiap tahun kita juga punya event menarik,” kata Aldian. Seperti tahun lalu, pecinta longboard Indonesia bergabung di Dago Atas, Bandung Jawa Barat.

Kemudian dilanjut awal 2012, Jakarta Street Bomb. Komunitas longboard memulai start nya dari Senayan, menuju Gelora Bung Karno (GBK). Dan tahun ini, perbukitan Cikole Lembang, Bandung Jawa Barat akan menjadi arena seluncur mereka kembali.

“Kali ini, atlet longboard dari luar Indonesia direncanakan akan turut hadir,” cerita Aldian. Berbagai kegiatan menarik ini, dikatakannya, akan mengeksiskan longboard Indonesia di mata dunia. Terlebih, Longboard Girl Crew di Indonesia sudah jadi brand ambasadornya longboard dunia. Jadi berbagai event menarik pasti mendatangkan atlet longboard dunia.



Surfing Tanpa Laut


Orang awam akan mengira longboard sejenis skateboard dengan papan seluncur yang lebih besar dan panjang ukurannya. Secara sepintas, memang papan longboard mirip dengan skate, hanya saja lebih banyak variasi dan dibedakan sesuai fungsi permainannya.


Namun jika anda seorang pemain longboard dan sudah menguasai trik permainannya, anda akan berpendapat longboard adalah surfing tanpa laut.

“Surfingnya orang kota, yang kejauhan menuju laut. Atau bisa juga gabungan permainan skate board dengan surfing,” ujar Richard. Menurut Richard, orang yang mahir memainkan skateboard, dia akan lihai pula memainkan papan longboardnya. Soalnya, olahraga asal benua Eropa itu memiliki berbagai trik yang lumayan berbahaya bagi pemula. Richard pun menguraikan setidaknya ada slide, Switch, dan dancing.

“Slide atau meluncur sendiri, posisi badan mencondong kedepan atau membungkuk, bisa juga berdiri sikap biasa,” ujarnya. Posisi kaki yang miring, memungkinkan untuk membelok kanan kiri papan longboard, agar perjalanan meluncur terasa lebih menarik.

Untuk ngerem, posisi pemain longboard akan jongkok dipapan. Sarung tangan tebal sangat berguna untuk bersentuhan dengan aspal, agar papan tertahan dan berhenti. Jika menuruni bukit, ujar Richard rem akan sering dilakukan ditiap tikungan jalanan bukit.

Selain berfungsi untuk rem, switch juga berfungsi untuk peralihan agar papan longboard masih dalam kendali si pemainnya. Namun, jelas Richard, yang perlu diperhatikan, jika ngerem, jalan mulus tanpa lubang atau kerikil, sangat mendukung proses ngerem.

“Karena kalau ada batu kecil saja, saat kita ngerem, itu malah membuat kita gagal, dan resiko terjatuh pun bisa saja terjadi,” ujar Richard. Biasanya, jika sudah bisa mengedalikan papan seperti ini, akan mahir sendiri memainkan trik longboard lainnya.

Seperti dancing. Menurut Richard, teknik ini biasa dimainkan pemain longboard wanita. Menari diatas papan akan lebih terlihat menarik, karena dia akan menari sambil memainkan papan longboardnya kesana kemari.


========

Longboard, Surfing di Daratan


Longboard. jenis olahraga baru yang diadaptasi dari surfing dan skateboarding. Konsepnya berangkat dari kekecewaan para pecinta surfing yang tinggal terlalu jauh dari pantai. Meski nggak ada pantai, ide tetap jalan. Nah, papan surfing yang biasa digunakan pada olahraga selancar ini kemudian dimodif agar bisa meluncur di tanah. Meskipun sekilas memang mirip dengan skateboard, kalau diperhatikan lebih jelas lagi akan terlihat perbedaannya. Mulai dari jenis papan hingga teknik permainannya.


INDO Longboard, The Community

Opik, salah satu pendiri INDO Longboard mengungkapkan bahwa olahraga ini sudah mulai diminati masyarakat, meskipun memang belum sefamiliar skateboard. Komunitas yang berdiri 28 Agustus tahun lalu ini sudah mulai banyak merangkul anggota. Berawal hanya dari coba-coba dengan satu board untuk 7 orang, sampai setiap orang punya 2 board sendiri. Kalau mau nengok latihannya, kalian bisa langsung datang ke Gelora Bung Karno tepatnya di pintu 7 setiap hari Selasa dan Kamis.Untuk weekend, kalian bisa cek langsung di TMII setiap Sabtu pagi dan di Car Free Day sekitaran Sudirman dan Semanggi setiap Minggu pagi. 

Januari lalu, INDO Longboard menyelenggarakan event Jakarta Street Bomb, acara pertama bagi para longboarder di Indonesia. Konsep acara ini awalnya hanya sebagai ajang kumpul para longboarder Indonesia, tapi nyatanya respon yang diterima sangat baik. Terbukti dari banyaknya brand ternama yang tergabung sebagai sponsor. Sebut saja dari Quicksilver, Vans, Billabong, dan beberapa brand indie Bandung.

The Skills and The Board

Menurut Tony yang juga dikenal sebagai instruktur skateboard profesional, Longboard memang terkesan lebih mellow, jadi untuk starter pemula bisa lebih mudah. Intinya, biarpun sudah berumur kita masih bisa berolahraga Longboard. "Kalau skate butuh teknik dan skill yg lebih tinggi. Longboard sih lebih santai," ungkap Tony. Papan yang digunakan dalam longboard juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, disesuaikan dengan track-nya. Untuk down hill biasanya menggunakan papan yang lebih panjang. Hindari menggunakan papan pendek di track down hill karena lebih berisiko jatuh. Namun, kalau hanya ingin sekedar bergerak santai di jalan mulus dan rata kita bisa menggunakan papan yang lebih pendek. Dalam longboard juga dikenal beberapa teknik seperti slide, switch, dan dancing atau menari di atas board yang biasanya dilakukan para anggota Longboard Girls Crew Indonesia (LGCI) yang diperuntukkan bagi para longboarder perempuan. 

Try It and Love It!

Tertarik buat gabung? Nggak usah bingung, di komunitas ini nggak ada anggota resmi, jadi siapapun bisa gabung. Datang aja! Buat urbanesian yang memang minat coba olahraga satu ini, para instruktur dan anggota INDO Longboard akan dengan senang hati mengajarkan berbagai teknik dan trik yang menarik. Nggak perlu khawatir dengan masalah board, di sini kalian akan disediakan board sendiri, cukup bawa badan dan niat. Simple, kan? Ayo gabung INDO Longboard!

Tentang Longboard

Info Indo Longboard
Longboard Girls Crew Indonesia di Acara Ngerumpi Days Out 2012




Indo Longboard - http://www.facebook.com/pages/Indo-L...40135586040813

Selain itu ada juga komunitas lain.

Longboard Girls Crew Indonesia: http://www.facebook.com/LGCIndonesia

Jakarta Longboarders: http://www.facebook.com/pages/Jakart...69410823089610

LAKA (Longboard Aing Kumaha Aing) Bandung:http://www.facebook.com/groups/182528915166413/

Kalau info2 terbaru tentang Longboard di Indonesia bisa ke blog berikut ini

Papan Panjang: http://papanpanjang.tumblr.com/

sumber:

http://satelitnews.co.id/komunitas-l...uka-kecepatan/

http://jakarta.urbanesia.com/article...ind-of-surfing


plus kaskus.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kata kata pembakar semangat 2 bahasa Inggris

othing is impossible equals anything is possible ================================================== ===== We cannot waste time. We can only waste ourselves... ================================================== ===== We spend 30% of our life sleeping and 20% studying at school Give more than you can take ! ================================================== ===== There are no people born losers or born winners ================================================== ===== When you're down don't let yourself in the dark, Even your shadow run away from you. ================================================== ===== Giving up doesn't always mean you are weak, sometimes it means that you are strong enough to let go ================================================== ===== Experience is a great teacher; adversity is a greater ================================================== ===== The world you imagine is more real than your reality, Because that’s where our reality comes from. =========

Sejarah JABBAWOCKEEZ

Jabbawockeez   adalah   sebuah   tari   modern   semua laki-laki   /   hip   hop   crew   dari   San   Diego , California   yang   memenangkan   musim   pertama dari   realitas   kompetisi   tari   Amerika 's Best  Dance Crew .  Sejak   menang ,  kelompok   ini   telah mendapatkan   eksposur   yang lebih besar   dengan tampil   di   berbagai   video musik   dan   iklan ,  tur internasional , dan melakukan  dengan   Shaquille   O ' Neal  pada   All - Star  Game   NBA   2009 .  Mereka dikenal   karena   memakai   topeng   putih   polos   dan sarung tangan   untuk   mendorong   penonton   untuk fokus   pada   gerakan   mereka sebagai   kelompok bukan   pada   individu   penari .   Nama   mereka   berasal  dari   puisi   Lewis   Carroll   " Jabberwocky"  tentang  mitos   naga   eponymous . sebelum ABDC  Phil "Swaggerboy" Tayag, Kevin "KB" Brewer , dan Joe "Emajoenation" Larot mulai tampil sebagai trio disebut " Threemusky

Trainz Simulator 12 (PC) Free Download Full Version No Torrent

Release-Date: 12/12/11  Protection: Serial  Disc Count: 1 DVD  Game Type: Simulator  Languages: EN / DE / FR / PL / CZ / RU / JP In Trainz Simulator 12 player will have a large fleet of locomotives, from the old steam models to modern electric locomotives. Continuing the fine tradition of the game you will have the opportunity to admire the beauty of the vast expanses of the former Soviet Union. Map and scenario "Fantasy", developed by a group of fans of this game will give you the opportunity to take a fascinating journey through the expanses of the Ukraine, not only through space but through time. During the hour-long trip you will see a shift of all four seasons. Build and operate the railroad of your dreams ... Now, together with your friends! In Trainz Simulator 12  came one of the most impressive features of the history of Trainz - the possibility of a multiplayer online game!  From now on, rail fans around the world can not only communicate with each other, and to