Langsung ke konten utama

Napoleon Bonaparte 1

Napoleon Bonaparte


Napoleon Bonaparte seorang jendral militer paling terkemuka sekaligus eksentrik sepanjang sejarah. Ia dikenal sebagai orang yang berani mengambil resiko, jenius yang gila kerja, tidak sabaran, dapat memaafkan teman yang mengkhianatinya sekalipun, sampai pemimpin yang mampu menggerakkan ribuan pasukan agar berperang untuknya. Kehidupan Kaisar Perancis legendaris yang berhasil mendominasi Eropa selama beberapa dekade ini pun tidak lepas dari konflik dan kisah yang rumit. Tindak tanduk, strategi serta detail peperangan Napoleon sampai saat ini masih dipelajari di berbagai akademi militer dunia. Kontribusi terbesar Napoleon lainnya adalah Napoleonic Code, sebuah sistem administrasi serta judisial yang diadopsi sebagian besar Eropa Barat.

Napoleon lahir dari keluarga petani anggur di Ajaccio (Aiacciu) atau disebut Ajax dalam bahasa Latin di Pulau Corsica yang terletak di bagian tenggara Prancis pada 15 Agustus 1769. Pulau Corsica berada di bawah jajahan Prancis yang merupakan pulau keempat terbesar setelah Pulau Sicily, Sardinia dan Cyprus di Laut Mediterranean. Waktu masih bayi ia sering sakit-sakitan karena ketika menjelang kelahiran ibunya tinggal di pegunungan sebagai seorang pengungsi.

Ayah Napoleon, Carlo Buonoparte, adalah salah satu letnan pengikut Paoli dalam perang gerilya melawan Prancis. Ia dibaptis dengan nama saudara sepupunya yang gugur dalam peperangan tersebut. Verifikasi resmi tentang garis keturunannya menunjukkan bahwa Carlo, ayah Napoleon, berasal dari Fiorentine, Italia, yang bisa ditelusuri hingga abad kesebelas dan kemudian menjadi warga Corsica sejak dua ratus tahun sebelumnya. Ibunda Napoleon, Marie Letizia Ramolino, adalah anak seorang insinyur sipil. Menikah di usia 14 tahun Letizia melahirkan 13 anak, meski hanya 8 yang bertahan hidup hingga dewasa, yaitu Joseph, Napoleon, Lucien, Elisa, Louis, Pauline, Caroline dan Jarome.

Napoleon lahir di Ajaccio, Corsica, pada tanggal Status keluarganya ini memudahkan Napoleon untuk belajar di sekolah-sekolah elite yang pada masa tersebut hanya diperuntukkan untuk keluarga bangsawan. Pendidikan yang ditempuh Napoleon muda dimulai di sekolah regilius Autun, tepatnya untuk belajar bahasa Perancis. Beberapa bulan kemudian ia dipindahkan ke sekolah akademi di Brienne-le-Château. Catatan sejarah menyebutkan bahwa selain berkat kemampuannya, Napoleon dapat bersekolah di Brienne atas koneksi ibunya dengan Comte de Marbeuf, gubenur militer Corsica. Konon sang ibu memiliki affair dengan petinggi militer tersebut.

Ketika sekolah ia sering menjadi olokan teman-temannya karena logat bahasanya yang berbeda dengan kebanyakan teman-temannya. Ia seorang penyendiri, jago matematika dan gemar membaca (kutu buku). Seorang gurunya bahkan mengakui kemampuan matematika Napoleon kecil yang jauh melebihi teman-temannya.

Napoleon sangat tertarik para pelajaran sejarah dan geografi yang membuatnya bercita-cita untuk menjadi seorang pelaut. Namun setelah lulus dari Brienne dan melanjutkan studi di sekolah elite École Militaire di Paris, ia berhenti berambisi untuk berlayar bebas. Wafatnya sang ayah pada tanggal Februari 1785 membuat Napoleon harus segera bekerja untuk membantu keluarganya.

Menjadi Jendral

Setelah lulus dari École Militaire pada bulan September 1785, Napoleon ditugaskan sebagai second lieutenant di La Fère Artillery untuk berpatroli di wilayah Valence, Drôme dan Auxonne. Pada saat Revolusi Perancis pecah di tahun 1789, Napoleon berhasil merebut simpati petinggi Corsica bernama Pasquale Paoli untuk memberinya pasukan.


Letnan Napoleon





Pertempuran Toulon:



Tindak-tanduknya di saat Perancis bergejolak ternyata membuahkan hasil. Pada bulan Desember 1793, Napoleon memenangkan pertempuran di Toulon (Perancis merebut kembali kota itu dari tangan Inggris), tempat Napoleon bertugas di kesatuan artileri. Pada saat itu dia sudah tidak lagi berpegang pada paham nasionalis Corsicanya, melainkan sudah menganggap diri orang Perancis. Sukses-sukses yang diperolehnya di Toulon mengangkat dirinya jadi brigjen. Dan 2 tahun kemudian (tahun 1795), Napoleon berhasil mempertahankan pemerintahan dari pasukan pemberontak di Baras. Tahun 1796 dia diberi beban tanggung jawab jadi komando tentara Perancis di Itali. Di negeri itu, antara tahun 1796-1797, Napoleon berhasil pula merebut serentetan kemenangan yang membuatnya seorang pahlawan tatkala kembali ke Perancis.


Napoleon di Italia




Postingan populer dari blog ini

Trainz Simulator 12 (PC) Free Download Full Version No Torrent

Release-Date: 12/12/11 
Protection: Serial 
Disc Count: 1 DVD 
Game Type: Simulator 
Languages: EN / DE / FR / PL / CZ / RU / JP


In Trainz Simulator 12 player will have a large fleet of locomotives, from the old steam models to modern electric locomotives.Continuing the fine tradition of the game you will have the opportunity to admire the beauty of the vast expanses of the former Soviet Union. Map and scenario "Fantasy", developed by a group of fans of this game will give you the opportunity to take a fascinating journey through the expanses of the Ukraine, not only through space but through time. During the hour-long trip you will see a shift of all four seasons. Build and operate the railroad of your dreams ... Now, together with your friends! InTrainz Simulator 12 came one of the most impressive features of the history of Trainz - the possibility of a multiplayer online game! From now on, rail fans around the world can not only communicate with each other, and together build …

7 “Mitologi” Terkenal dalam Islam

1.Buraq

Buraq atau “cahaya atau kilat” adalah sesosok makhluk tunggangan ajaib, yang membawa Nabi Muhamad SAW dari Masjid al-Aqsa menuju Mi’raj ketika peristiwa Isra Mi’raj. Makhluk ini diciptakan Allah tebuat dari cahaya. Dilihat dalam kamus bahasa, maka kita akan menemukan istilah “buraq” yang diartikan sebagai “Binatang kendaraan Nabi Muhammad Saw”, dia berbentuk kuda bersayap kiri kanan. Dalam pemakaian umum, “buraq” itu berarti burung cendrawasih, yang oleh kamus diartikan dengan burung dari sorga (bird of paradise). Sebenarnya “buraq” itu adalah istilah yang dipakai dalam Al Qur’an dengan arti “kilat” termuat pada ayat 2/19, 2/20 dan 13/2 dengan istilah aslinya “Barqu”.



2. Dabbat al-Ard

Dabbat al-Ard adalah sebuah frasa yang berarti binatang buas (monster) yang muncul dari perut bumi. Dalam Islam binatang ini sebagai salah satu tanda sebelum datangnya Hari Penghakiman. Binatang melata ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, setelah peristiwa Matahari terbit dari Barat, ia…

Hiu Megalodon dan Melvellei Leviathan

Megalodon
Para Ahli mengatakan :




Menurut saya Megalodon masih hidup di Samudra yang memiliki kedalaman yang besar seperti Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.Megalodon adalah sebuah spesies ikan hiu purba raksasa. Hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu, hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti "gigi yang besar". Hewan ini termasuk jenis hiu perairan yang sangat dalam dan hiu ini jarang sekali naik ke permukaan, kecuali untuk mencari mangsa. Isu yang tersebar, meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih.

Berikut ini ada artikel mengenai dugaan Megalodon masih hidup di beberapa Samudra




Apakah Megalodon Masih Hidup?


Semua hiu megadolon sudah punah, Namun, ada rumor yang mengatakan bahwa hiu tersebut masih hidup.
Ada banyak sightings hiu raksasa yang luar biasa, kemungkinan megalodons. ju…