Langsung ke konten utama

Boneka ajaib

Berbicara tentang boneka, sebagian orang mungkin membayangkan sosok perempuan cantik, binatang yang lucu, atau tokoh imajinasi. Semuanya menampilkan keceriaan, kelucuan, tetapi tidak bergerak atau tumbuh.

boneka_hortaBerbeda dengan boneka yang satu ini, bisa hidup dan tumbuh. Inilah boneka Horta yang disingkat dari kata hortikultura yang merupakan hasil inovasi dan kreativitas sekelompok alumnus Fakultas Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor (IPB). Nama Horta itu menunjukkan adanya hubungan dengan pembudidayaan yang menggunakan bibit tanaman dan bisa tumbuh.

Boneka itu bukan menyerupai orang, tetapi berbentuk berbagai binatang seperti kura-kura, kucing, sapi, panda, platipus, dan babi. Sedikitnya ada sembilan model dan setiap dua bulan sekali akan ada model baru untuk menarik orang membeli.

Kehadiran boneka Horta yang merupakan produk kreatif relatif baru. Untuk itu perlu upaya mengedukasi pasar agar lebih mengenal fungsinya, sehingga orang akan menaruh perhatian.

Boneka Horta tidak sebatas mainan bagi anak. Ia berfungsi juga untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanaman dan tanggung jawab. Kehadirannya bisa mengimbangi keberadaan mainan anak-anak di perkotaan yang lebih banyak didominasi produk elektronik.

Keunikan boneka Horta terletak di bagian kepala atau punggung yang berwarna agak kehitaman, sedangkan bagian badan lain berwarna cokelat. Rambutnya adalah tanaman rumput dan bagian badan diisi limbah kayu berupa serbuk gergaji yang menjadi media untuk tumbuh.

Boneka itu direndam di air di bagian kepala atau pungggung tempat bibit rumput diletakkan selama 2 jam. Setelah itu disiram dua kali sehari. Dalam 4 hari bibit rumput akan tumbuh hijau menyerupai rambut. Bagian ini harus terus disiram sehingga daunnya yang runcing akan terus memanjang. 'Rambut' itu bisa bertahan selama 3 bulan, karena akar-akarnya memenuhi media yang dibungkus dengan stocking.

Saat ini terdapat tiga orang yang menjadi penggerak usaha tersebut. Mereka adalah Asep Rodiansyah sebagai ketua pengembangan penelitian, Gigin Mariansyah yang berperan sebagai manajer pemasaran dan Nisa Rahmaniah yang mengurusi masalah administrasi. Mereka sama-sama berasal dari Jurusan Agronomi dan Hortikultura, IPB.

Boneka Horta itu merupakan hasil penelitian dari sekolompok mahasiswa Fakultas Agronomi dan Hortikultura IPB yang ikut Program Kreatif Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi Diknas pada 2004. Mereka meraih juara pertama.

Menurut Nisa, mereka mulai memproduksi boneka dalam jumlah terbatas dan dipasarkan di lingkungan mahasiswa.

Setelah lulus perguruan tinggi, uang hadiah yang didapat dari lomba tersebut senilai Rp4,5 juta masih utuh. Mereka menggunakan uang itu untuk mengembangkan usaha tersebut mulai 2007 secara bertahap dengan memasarkan produknya melalui Internet dan teman-teman.

"Sekarang produksinya sudah mencapai 10.000-12.000 boneka per bulan," kata Nisa dan Gigin yang ditemui di lokasi produksi boneka Horta di Dramaga, Bogor. Pembuatan boneka Horta dilakukan berdasarkan pesanan, karena umur biji-bijian itu hanya bertahan sekitar enam bulan. "Bahan medianya mudah kami dapatkan, tetapi bibitnya diimpor," kata Nisa.

Untuk memproduksi boneka hidup itu mereka melibatkan sekelompok perempuan di perdesaan, sehingga secara langsung juga menggerakkan ekonomi setempat. Mereka mempekerjakan sedikitnya 35 orang di Laladon, Bogor.

Pemasaran produk tersebut sebagian besar ditujukan di wilayah Jabotabek, dan sebagian di Yogyakarta, Tarakan, Samarinda, Padang, dan Medan. Mereka membeli berdasarkan pesanan. Anda bisa melihat boneka Horta di ruang pamer di Babakan Tengah, Dramaga, Bogor. Untuk Jakarta harga yang dibanderol berkisar Rp10.000 - Rp25.000 per buah.

Awalnya boneka yang digagas Asep dengan kelompoknya itu sebatas sarana pengenalan pertanian bagi anak-anak. Supaya menarik, media tanaman dikemas menyerupai bentuk manusia, dilengkapi benih beserta bahan-bahan yang diperlukan untuk pertumbuhan (media hidroponik). Mendidik, sekaligus tampak lucu dan menarik. (*/BI)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kata kata pembakar semangat 2 bahasa Inggris

othing is impossible equals anything is possible ================================================== ===== We cannot waste time. We can only waste ourselves... ================================================== ===== We spend 30% of our life sleeping and 20% studying at school Give more than you can take ! ================================================== ===== There are no people born losers or born winners ================================================== ===== When you're down don't let yourself in the dark, Even your shadow run away from you. ================================================== ===== Giving up doesn't always mean you are weak, sometimes it means that you are strong enough to let go ================================================== ===== Experience is a great teacher; adversity is a greater ================================================== ===== The world you imagine is more real than your reality, Because that’s where our reality comes from. =========

Sejarah JABBAWOCKEEZ

Jabbawockeez   adalah   sebuah   tari   modern   semua laki-laki   /   hip   hop   crew   dari   San   Diego , California   yang   memenangkan   musim   pertama dari   realitas   kompetisi   tari   Amerika 's Best  Dance Crew .  Sejak   menang ,  kelompok   ini   telah mendapatkan   eksposur   yang lebih besar   dengan tampil   di   berbagai   video musik   dan   iklan ,  tur internasional , dan melakukan  dengan   Shaquille   O ' Neal  pada   All - Star  Game   NBA   2009 .  Mereka dikenal   karena   memakai   topeng   putih   polos   dan sarung tangan   untuk   mendorong   penonton   untuk fokus   pada   gerakan   mereka sebagai   kelompok bukan   pada   individu   penari .   Nama   mereka   berasal  dari   puisi   Lewis   Carroll   " Jabberwocky"  tentang  mitos   naga   eponymous . sebelum ABDC  Phil "Swaggerboy" Tayag, Kevin "KB" Brewer , dan Joe "Emajoenation" Larot mulai tampil sebagai trio disebut " Threemusky

Trainz Simulator 12 (PC) Free Download Full Version No Torrent

Release-Date: 12/12/11  Protection: Serial  Disc Count: 1 DVD  Game Type: Simulator  Languages: EN / DE / FR / PL / CZ / RU / JP In Trainz Simulator 12 player will have a large fleet of locomotives, from the old steam models to modern electric locomotives. Continuing the fine tradition of the game you will have the opportunity to admire the beauty of the vast expanses of the former Soviet Union. Map and scenario "Fantasy", developed by a group of fans of this game will give you the opportunity to take a fascinating journey through the expanses of the Ukraine, not only through space but through time. During the hour-long trip you will see a shift of all four seasons. Build and operate the railroad of your dreams ... Now, together with your friends! In Trainz Simulator 12  came one of the most impressive features of the history of Trainz - the possibility of a multiplayer online game!  From now on, rail fans around the world can not only communicate with each other, and to