Langsung ke konten utama

KAki cicak

kehebatan kaki cicak

        Setiap mahkluk hidup yang ada di dunia ini pasti diciptakan dengan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti halnya juga dengan yang dialami dengan seekor cicak walapun dalam kenyataanya cicak adalah hewan yang kecil jika dibandingkan dengan binatang yang sejenisnya tapi cicak mempunyai satu kelebihan pada kakinya. Kakinya dapat menempel di dinding dengan sudut yang sangat curam. Pada permukaan halus, atau tembok yang permukaannya kasar dan tidak rata, serta pada permukaan yang kotor dan berdebu cicak dapat menempel tanpa jatuh.

Beberapa waktu yang lalu, rahasia dari kejaiban yang ada pada kaki cicak itu dapat terungkap oleh para peneliti dari Universitas California Barkeley. Dari berbagai data yang berhasil terkumpul, mereka menyakini bahwa kekuatan perekat pada telapak kakinya ditimbulkan oleh gaya Van der Walls. Mereka menemukan adanya bulu halus sekitar 500 ribu yang kuat pada telapak kaki cicak.

              Bulu ini ada yang menyebut seta.Bulu itu mengandung senyawa keratin yang juga terkandung pada rambut manusia. Bulu halus pada telepak kaki cicak ini panjangnya bervariasi, antara 30 sampai 130 mikrometer. Tebalnya pun bila dibandingkan dengan rambut manusia hanya sepersepuluhnya. Ternyata pada ujung bulu halus ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang menyerupai dengan sendok.

                Kekuatan pelekat yang ditimbulkan oleh gaya Van der Walls bulu halus pada telapak kaki cicak sangat menakjubkan. Satu bulu halus tadi bisa memiliki kekuatan pelekat sampai 10 atm. Mereka mengukurnya langsung dengan mengunakan sebuah alat bernama Atomic Force Microscope (AFM). Satu bulu itu bisa menahan sebesar kurang lebih 20 mg. jika dijumlahkan dengan bulu yang ada di telapak kaki cicak maka cicak dapat menahan puluhan kilogram. Jika dibandingkan dengan berat cicak yang hanya 50 gram hingga 150 gram maka cicak dapat menahan seribu kali berat tubuh cicak.
3.2.2. Cara kerja bulu halus atau seta menempel

Pada mulanya ilmuwan menduga daya lekat pada telapak kaki cicak sama dengan pada beberapa hewan, seperti kodok, serangga, dan beberapa mamalia yang dapat menempel pada permukaan berdasarkan daya rekat kapiler, mengambil keuntungan dari tegangan permukaan cairan

                   Kebanyakan dari hewan-hewan tersebut memiliki semacam kelenjar pada kakinya yang menghasilkan cairan yang membuat mereka dapat menempel. Namun diketahui ternyata cicak tidak memiliki kelenjar seperti itu. Cara kerja bulu halus yang ada pada telapak kaki cicak itu sebenarnya sangat sederhana, memanfaatkan gaya tarik antar molekul yang disebut dengan gaya Van der Walls.

             Atom dalam molekul selalu berusaha untuk saling menempel, walaupun dengan kekuatan yang lemah. Jika inti atom dekat dengan neutron molekul lainnya maka molekul ini akan saling berdekatan. Penyebabnya sederhana sekali, neutrn memang rajin meloncat-loncat dan pindah ke atom lain. Dalam sekejap proses akan berbalik karena atom yang ditinggalkan neutron akan menarik neutron yang semula kembali. Perpindahan ini menciptakan daya tarik antar dua molekul.

Cicak dapat melepaskan kakinya dari dinding dengan membuat sudut antara seta dan dinding. Ketika sudut antara seta dan dinding membesar gaya lekat antara keduanya juga ikut mengecil. Cicak bisa jatuh dari dinding karena dia salah mengatur posisi kakinya saja (kesalahan teknis peletakan telapak kaki cicak oleh cicak sendiri). Pada setiap kali melangkah cicak dapat menjaga telapak kakinya itu tetap bersih dengan membebaskan partikel tanah setiap kali melangkah.
3.2.3. Pemanfaatan cara kerja telapak kaki cicak

             Dengan adanya keajaiban kaki cicak ini banyak peneliti yang memanfaatkan cara kerja dari bulu halus yang ada di telapak kaki cicak. Bukti bahwa hal itu terjadi adalah adanya ilmuwan dari University of California, Barkeley, Amerika Serikat yang berhasil menciptakan lem sintentis yang mirip dengan cara kerja bulu halus tersebut. Ini adalah lem yang pertama yang dapat membersihkan sendiri kotoran dan debu yang melekat sehabis digunakan tanpa memerlukan air atau bahan kimia. Lem sintesis ini disebut a self-cleaning dry adhesive. Tidak seperti isolasi yang hanya bisa sekali pakai karena kotoran dan gangguan debu yang ikut menempel. A self-cleaning dry adhesive akan mempunyai banyak manfaat, seperti pada teknologi super konduktor dan dapat menempel di bawah air dan di luar angkasa

           Dalam studi terbaru, para ahli merancang perekat dengan serat mikro yang terbuat dari polimer kaku. Dengan menggunakan bola-bola mikro berdiameter 3-10 mikrometer untuk mensimulasikan kontaminan. Para ilmuwan bisa menunjukkan bahwa serat mikro menekan partikel bola-bola mikro ke ujung serat ketika perekatnya tidak menyentuh permukaan. Ketika serat menekan permukaan halus, kontaminan membuat kontak yang lebih besar dengan permukaan dibanding dengan serat.

                 Selain itu juga penemuan ini membawa para ilmuwan itu semakin dekat dengan tujuan membuat robot yang dapat segala medan dan dapat memanjat dinding serta langit-langit di lingkungan alami. Bukan cuma di atas kaca yang bersih, robot ini bisa pergi kemana pun yang diperlukan, mungkin ini bisa menjadi robot yang dapat mencari korban yang selamat setelah bencana.

Postingan populer dari blog ini

Trainz Simulator 12 (PC) Free Download Full Version No Torrent

Release-Date: 12/12/11 
Protection: Serial 
Disc Count: 1 DVD 
Game Type: Simulator 
Languages: EN / DE / FR / PL / CZ / RU / JP


In Trainz Simulator 12 player will have a large fleet of locomotives, from the old steam models to modern electric locomotives.Continuing the fine tradition of the game you will have the opportunity to admire the beauty of the vast expanses of the former Soviet Union. Map and scenario "Fantasy", developed by a group of fans of this game will give you the opportunity to take a fascinating journey through the expanses of the Ukraine, not only through space but through time. During the hour-long trip you will see a shift of all four seasons. Build and operate the railroad of your dreams ... Now, together with your friends! InTrainz Simulator 12 came one of the most impressive features of the history of Trainz - the possibility of a multiplayer online game! From now on, rail fans around the world can not only communicate with each other, and together build …

7 “Mitologi” Terkenal dalam Islam

1.Buraq

Buraq atau “cahaya atau kilat” adalah sesosok makhluk tunggangan ajaib, yang membawa Nabi Muhamad SAW dari Masjid al-Aqsa menuju Mi’raj ketika peristiwa Isra Mi’raj. Makhluk ini diciptakan Allah tebuat dari cahaya. Dilihat dalam kamus bahasa, maka kita akan menemukan istilah “buraq” yang diartikan sebagai “Binatang kendaraan Nabi Muhammad Saw”, dia berbentuk kuda bersayap kiri kanan. Dalam pemakaian umum, “buraq” itu berarti burung cendrawasih, yang oleh kamus diartikan dengan burung dari sorga (bird of paradise). Sebenarnya “buraq” itu adalah istilah yang dipakai dalam Al Qur’an dengan arti “kilat” termuat pada ayat 2/19, 2/20 dan 13/2 dengan istilah aslinya “Barqu”.



2. Dabbat al-Ard

Dabbat al-Ard adalah sebuah frasa yang berarti binatang buas (monster) yang muncul dari perut bumi. Dalam Islam binatang ini sebagai salah satu tanda sebelum datangnya Hari Penghakiman. Binatang melata ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, setelah peristiwa Matahari terbit dari Barat, ia…

Hiu Megalodon dan Melvellei Leviathan

Megalodon
Para Ahli mengatakan :




Menurut saya Megalodon masih hidup di Samudra yang memiliki kedalaman yang besar seperti Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.Megalodon adalah sebuah spesies ikan hiu purba raksasa. Hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu, hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti "gigi yang besar". Hewan ini termasuk jenis hiu perairan yang sangat dalam dan hiu ini jarang sekali naik ke permukaan, kecuali untuk mencari mangsa. Isu yang tersebar, meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih.

Berikut ini ada artikel mengenai dugaan Megalodon masih hidup di beberapa Samudra




Apakah Megalodon Masih Hidup?


Semua hiu megadolon sudah punah, Namun, ada rumor yang mengatakan bahwa hiu tersebut masih hidup.
Ada banyak sightings hiu raksasa yang luar biasa, kemungkinan megalodons. ju…