Langsung ke konten utama

Beberapa tentang B-boy

B-boying dikenal juga sebagai Breaking, atau breakdancing. Yup, mungkin sebagian besar dari kita pernah liat Breakdance jalanan, yang biasanya memakai matras kotak-kotak hitam-putih itu lho. Breakdance ini sering dihubung-hubungkan dengan geng jalanan negatif, tawuran, anak-anak nakal, ada yang bilang Breakdance itu “berbahaya” dan “merusak tubuh”.  Pernah suatu ketika aku mendengar orang tua yang berkata dalam Bahasa Jawa, “Nyapo melu ngono-ngono kuwi, bahaya, jungkir walik ra karuan, lek balunge ceklek piye jal?”. Yang gak ngerti Bahasa Jawa tanya ma temannya aja ya. :p
Imej Breakdance yang buruk ini bakal terpatahin kalau kita tahu apa breakdance itu sebenarnya. Nah, Breakdance atau B-Boy ini sebenarnya adalah salah satu style dari Hip-Hop dance, gaya dance yang ditampilkan Brandon atau Fay Nabila dalam Indonesia Mencari Bakat. Bahkan mungkin sebagian besar Breakdancer belum tahu kalau Breakdance adalah bagian dari Hip-Hop Dance, mungkin karena mereka lebih fokus dalam style dance ini. Hip-Hop Dancer sendiri lebih banyak yang menyebut style ini sebagai B-Boy. Mungkin untuk mengurangi kesan “Break”-nya. B-Boy sendiri merupakan singkatan dari Break-boy, tentu saja yang cewek menyebutnya sebagai B-Girl atau Break Girl. B-boy dapat dilakukan sendirian atau dalam 1 crew. B-boy battle sendiri adalah battle antar crew, crew mana yang paling kompak, gerakannya lebih sulit, dsb. adalah crew yang menang.

B-boy memiliki 4 jenis gerakan : Locking, Popping, Krumping, B-boying

  • Locking (lock=mengunci): Style dance yang bergerak lalu berhenti (sudden pause) dalam pose-pose tertentu sehingga menganimasikan sesuatu.
  • Popping: (pop=meletup): Style dance yang berdasarkan teknik mengontraksi lalu merelaksasi otot dengan cepat sehingga timbul sentakan (jerk/pop/hit) di salah satu bagian tubuh penari. Tapi juga termasuk sliding, floating, gliding, serta moonwalk (backslide)nya Michael Jackson lho. :D
  • Krumping: Style dance energetik, bahkan kadang seperti orang marah-marah. Bahkan sebenarnya Krumping tercipta oleh anak-anak muda yang ingin keluar dari kehidupan geng mereka, dan melampiaskan kemarahannya lewat tarian.
  • B-boying: See below ;)
Hip-hop dancer umumnya menggunakan semua style ini dalam rangkaian gerakan mereka, sehingga menjadi 1 kesatuan jenis tari: Hip-Hop. Breakdance yang kita lihat di jalanan biasanya sama sekali tidak menggunakan gerakan Locking, Popping maupun Krumping.
B-Boy dibagi menjadi 5 teknik: Toprock, Footwork, Powermove, Freeze, dan Suicide.
  • Toprock adalah gerakan yang dilakukan dalam keadaan berdiri seperti Indian StepSalsa Rock (Salsa ala B-boy), Crossover, dsb.
  • Footwork/Downrock adalah gerakan kaki dan tangan di lantai yang dilakukan dengan tangan membantu menopang tubuh juga. Contoh footwork paling dasar yang terkenal  adalah 6-step dengan variannya seperti 3-step dan step-step lainnya. Transisi antara Toprock dan Downrock disebut Drop.
  • Powermove adalah gerakan yang membutuhkan kekuatan fisik yang besar, karena gerakan-gerakan Powermove membutuhkan momentum yang besar. Kebanyakan Powermove sulit dipelajari tanpa latihan rutin. Powermove inilah (Juga Freeze dan Suicide) yang membuat style ini disebut Breakdance, karena memang cukup berbahaya, yang sering terjadi dancer patah tulang saat melakukan gerakan ini. Dalam B-Boy Battle semakin lama dan sulit Powermove, semakin besar nilainya. Contoh Powermove: Windmill, Flare, dsb.
  • Freeze gerakan yang cukup berbahaya juga, pose ekstrim, kebanyakan hanya ditopang tangan, biasa dilakukan di akhir Footwork atau di akhir Powermove. Dalam B-Boy battle semakin sulit dan berbahaya Freeze semakin besar nilainya. Freeze yang paling dasar (tapi juga cukup sulit) adalah Baby Freeze, contoh lain lagi Turtle freeze, Chair Freeze, dll.
  • Terakhir, Suicide. Gerakan yang dilakukan untuk memberi penekanan pada beat musik yang keras atau sebagai akhir dari rangkaian gerakan. Berbeda dengan Freeze yang merupakan akhir dari rangkaian gerakan berupa pose sulit dengan keseimbangan tinggi, sedangkan Suicide justru merupakan akhir rangkaian gerakan yang menganimasikan tubuh yang kehilangan kontrol/keseimbangan. Breakers terlihat jatuh di punggung, perut, atau bagian tubuh lainnya. Semakin terlihat menyakitkan sebuah Suicide, semakin tinggi juga  nilainya.

Postingan populer dari blog ini

Trainz Simulator 12 (PC) Free Download Full Version No Torrent

Release-Date: 12/12/11 
Protection: Serial 
Disc Count: 1 DVD 
Game Type: Simulator 
Languages: EN / DE / FR / PL / CZ / RU / JP


In Trainz Simulator 12 player will have a large fleet of locomotives, from the old steam models to modern electric locomotives.Continuing the fine tradition of the game you will have the opportunity to admire the beauty of the vast expanses of the former Soviet Union. Map and scenario "Fantasy", developed by a group of fans of this game will give you the opportunity to take a fascinating journey through the expanses of the Ukraine, not only through space but through time. During the hour-long trip you will see a shift of all four seasons. Build and operate the railroad of your dreams ... Now, together with your friends! InTrainz Simulator 12 came one of the most impressive features of the history of Trainz - the possibility of a multiplayer online game! From now on, rail fans around the world can not only communicate with each other, and together build …

7 “Mitologi” Terkenal dalam Islam

1.Buraq

Buraq atau “cahaya atau kilat” adalah sesosok makhluk tunggangan ajaib, yang membawa Nabi Muhamad SAW dari Masjid al-Aqsa menuju Mi’raj ketika peristiwa Isra Mi’raj. Makhluk ini diciptakan Allah tebuat dari cahaya. Dilihat dalam kamus bahasa, maka kita akan menemukan istilah “buraq” yang diartikan sebagai “Binatang kendaraan Nabi Muhammad Saw”, dia berbentuk kuda bersayap kiri kanan. Dalam pemakaian umum, “buraq” itu berarti burung cendrawasih, yang oleh kamus diartikan dengan burung dari sorga (bird of paradise). Sebenarnya “buraq” itu adalah istilah yang dipakai dalam Al Qur’an dengan arti “kilat” termuat pada ayat 2/19, 2/20 dan 13/2 dengan istilah aslinya “Barqu”.



2. Dabbat al-Ard

Dabbat al-Ard adalah sebuah frasa yang berarti binatang buas (monster) yang muncul dari perut bumi. Dalam Islam binatang ini sebagai salah satu tanda sebelum datangnya Hari Penghakiman. Binatang melata ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, setelah peristiwa Matahari terbit dari Barat, ia…

Hiu Megalodon dan Melvellei Leviathan

Megalodon
Para Ahli mengatakan :




Menurut saya Megalodon masih hidup di Samudra yang memiliki kedalaman yang besar seperti Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.Megalodon adalah sebuah spesies ikan hiu purba raksasa. Hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu, hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti "gigi yang besar". Hewan ini termasuk jenis hiu perairan yang sangat dalam dan hiu ini jarang sekali naik ke permukaan, kecuali untuk mencari mangsa. Isu yang tersebar, meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih.

Berikut ini ada artikel mengenai dugaan Megalodon masih hidup di beberapa Samudra




Apakah Megalodon Masih Hidup?


Semua hiu megadolon sudah punah, Namun, ada rumor yang mengatakan bahwa hiu tersebut masih hidup.
Ada banyak sightings hiu raksasa yang luar biasa, kemungkinan megalodons. ju…