Langsung ke konten utama

Perjuangan Semur Makanan Indonesia Menjadi Warisan Dunia

Dikutip dari Ciputra Entrepreneurship WEB Minggu, 30 Oktober 2011 Semur, masakan berkuah berisi daging atau ikan kini dalam tahap perjuangan untuk maju sebagai warisan tak benda dunia. Masakan ini sebelumnya ditulis dalam The Complete Asian Cookbook dan Flavour of Malaysia sebagai bagian dari makanan khas negeri jiran.

Menurut Direktur Pembangunan Jatidiri, Pekerti dan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Poppy Savitri untuk menjadi warisan dunia perlu dukungan seluruh Indonesia. "Seluruh Indonesia harus sepakat kalau semur akan maju, meski banyak ragam di daerah," ujar dia dalam diskusi semur di Restoran Bebek Bengil, beberapa hari lalu

Poppy mencontohkan kasus batik, kala itu ada Yayasan Batik Indonesia yang mewakili batik-batik daerah. Mereka sepakat bahwa Batik sudah layak menjadi warisan tak benda dunia. Kalau seluruh Indonesia sudah sepakat, Ia melanjutkan, pemerintah bisa memprosesnya melalui Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

Syarat lain yang harus ada ialah nilai luhur dan filosofis. "Contohnya pulut (makanan dari ketan) itu maknanya merekatkan," papar dia. Faktor filosofis dan nilai luhur akan menjadi pertimbangan sebagai warisan tak benda.

Ia mengingatkan meski syarat-syaratnya lengkap, tak semua yang didaftarkan bisa langsung disetujui. Badan PBB bidang Pendidikan dan Kebudayaan (UNESCO) diakui Poppy kini kewalahan mendapat permintaan dari sejumlah negara soal pengajuan warisan tak benda.

"Kini yang diutamakan adalah yang akan punah, kalau yang masih ada, UNESCO menyarankan untuk menggalakkan," kata Poppy. Maka sebaiknya, masyarakat Indonesia mulai menggalakkan semur di setiap acara.

Arie Parikesit, Pendiri konsultan kuliner Kelana Rasa menuturkan saat ini baru kuliner Perancis, Meksiko dan Mediterania yang diakui UNESCO. "Kini Jepang dan Korea pun berusaha mendaftarkan kulinernya," papar dia. Indonesia dengan 33 propinsi, tentu sangat banyak kekayaan kulinernya. "Ini bisa jadi peluang untuk warisan dunia," jelas dia

Asal Usul | Semur, masakan yang dikenal dengan kuah berwarna coklat ini banyak menyimpan kisah pernikahan antar budaya. Tercatat ada lima budaya yang ikut meramu makanan dengan sumber bahan protein hewani ini.

Sejarahwan JJ Rizal menuturkan semur dipengaruhi oleh budaya Eropa, Timur Tengah, India, Cina dan Indonesia. "Nama semur itu dari orang Belanda, dari kata Stomerijj," ungkap dia dalam diskusi semur di Restoran Bebek Bengil.

Stomerijj atau steamer (kukusan) adalah salah satu alat masak. Zaman penjajahan mayoritas orang Belanda memiliki pekerja orang Indonesia. "Mereka berteriak memasak dalam stomerijj tapi terdengar smoor lalu menjadi semur," papar dia.

Tapi cara memasaknya, Rizal menuturkan, itu murni dari Indonesia. Indonesia sudah mengenal tradisi mengolah daging dan ikan sejak masa berburu dan meramu pada abad 9 Masehi. Bukti tersebut tersurat dalam relief di Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Lalu masuk tradisi dari bangsa pendatang India dan Timur Tengah melalui rempah-rempahnya.

"Terakhir, bentuk masakan dan citarasa kecap dipengaruhi unsur Tionghoa Peranakan," papar Rizal.

Tapi, perlu diingat kecap yang dipakai adalah kecap manis yang asli Indonesia. Soalnya bangsa Cina hanya mengenal kecap asin. Jadi warna yang hitam manis dan rasa hangat rempah, menunjukkan masakan ini asli Indonesia.

Setiap daerah, Ia melanjutkan, juga punya kisah tentang semur. Semur ala Betawi yang dikenal sebagai andilan punya sejarah sendiri. Andilan biasanya dimasak sebelum lebaran. "Warga yang akan memasak andilan itu patungan," papar Rizal. Tujuannya selain sebagai rasa syukur juga untuk meraih kebersamaan.

Kekayaan sejarah semur, Rizal percaya, cukup kuat untuk menjadikannya warisan tak benda dunia. "Semur itu tidak sekedar akta lahir di Indonesia tapi ada historis dan nilai filosofis yang kuat," ucap dia.

Tapi apa yang layak disebut semur? Menurut Arie Parikesit, Pendiri konsultan kuliner Kelana Rasa, semur masuk dalam jenis masakan yang dimasak lama (slow cooking). Memasaknya butuh dengan api kecil dalam waktu lama dengan isi protein hewani. Bisa ikan atau daging.

"Ciri khasnya adalah ada bumbu rempah berupa cengkeh atau pala dan kecap manis," ucap Arie. Tapi Rizal menegaskan tidak semua semur harus pakai kecap manis. Soalnya di Ternate, semur daging dimasak pakai cuka.

Postingan populer dari blog ini

Trainz Simulator 12 (PC) Free Download Full Version No Torrent

Release-Date: 12/12/11 
Protection: Serial 
Disc Count: 1 DVD 
Game Type: Simulator 
Languages: EN / DE / FR / PL / CZ / RU / JP


In Trainz Simulator 12 player will have a large fleet of locomotives, from the old steam models to modern electric locomotives.Continuing the fine tradition of the game you will have the opportunity to admire the beauty of the vast expanses of the former Soviet Union. Map and scenario "Fantasy", developed by a group of fans of this game will give you the opportunity to take a fascinating journey through the expanses of the Ukraine, not only through space but through time. During the hour-long trip you will see a shift of all four seasons. Build and operate the railroad of your dreams ... Now, together with your friends! InTrainz Simulator 12 came one of the most impressive features of the history of Trainz - the possibility of a multiplayer online game! From now on, rail fans around the world can not only communicate with each other, and together build …

7 “Mitologi” Terkenal dalam Islam

1.Buraq

Buraq atau “cahaya atau kilat” adalah sesosok makhluk tunggangan ajaib, yang membawa Nabi Muhamad SAW dari Masjid al-Aqsa menuju Mi’raj ketika peristiwa Isra Mi’raj. Makhluk ini diciptakan Allah tebuat dari cahaya. Dilihat dalam kamus bahasa, maka kita akan menemukan istilah “buraq” yang diartikan sebagai “Binatang kendaraan Nabi Muhammad Saw”, dia berbentuk kuda bersayap kiri kanan. Dalam pemakaian umum, “buraq” itu berarti burung cendrawasih, yang oleh kamus diartikan dengan burung dari sorga (bird of paradise). Sebenarnya “buraq” itu adalah istilah yang dipakai dalam Al Qur’an dengan arti “kilat” termuat pada ayat 2/19, 2/20 dan 13/2 dengan istilah aslinya “Barqu”.



2. Dabbat al-Ard

Dabbat al-Ard adalah sebuah frasa yang berarti binatang buas (monster) yang muncul dari perut bumi. Dalam Islam binatang ini sebagai salah satu tanda sebelum datangnya Hari Penghakiman. Binatang melata ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, setelah peristiwa Matahari terbit dari Barat, ia…

Hiu Megalodon dan Melvellei Leviathan

Megalodon
Para Ahli mengatakan :




Menurut saya Megalodon masih hidup di Samudra yang memiliki kedalaman yang besar seperti Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.Megalodon adalah sebuah spesies ikan hiu purba raksasa. Hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu, hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti "gigi yang besar". Hewan ini termasuk jenis hiu perairan yang sangat dalam dan hiu ini jarang sekali naik ke permukaan, kecuali untuk mencari mangsa. Isu yang tersebar, meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih.

Berikut ini ada artikel mengenai dugaan Megalodon masih hidup di beberapa Samudra




Apakah Megalodon Masih Hidup?


Semua hiu megadolon sudah punah, Namun, ada rumor yang mengatakan bahwa hiu tersebut masih hidup.
Ada banyak sightings hiu raksasa yang luar biasa, kemungkinan megalodons. ju…