Langsung ke konten utama

Mengenal buah langka lokal, Jamblang dan Kawista

BUAH JAMBLANG
“Sok Neng.. Buah jamblang...” Bapak penjual buah menawarkan buah yang dijajakannya dengan ramah. Setelah mendengar tawarannya, akhirnya pertanyaan besar tentang nama buah itu terjawab. Tanpa harus bertanya kepada sang penjual, saya pun mengetahui jika buah itu bernama buah jamblang.

Berniatkan untuk mengetahui rasa buah tersebut, saya pun memutuskan untuk membelinya. “Sabaraha, Pa?” “Kantong alit sarebu, nu kantong sedeng mah dua rebu”. Mendengar kata “seribu”, sontak saya tak banyak berpikir apapun kecuali menyodorkan selembar uang seribu kepada penjual buah tersebut.

Sebelum kantong plastik kecil berisi buah itu diberikan kepada saya, bapak penjual buah memasukkan gula pasir ke dalamnya, hingga akhirnya buah-buah jamblang di dalam plastik kecil itu pun bertaburkan kristal-kristal gula pasir. Lidah saya pun rasanya sudah tidak sabar untuk mencicipi buah jamblang yang terlihat sangat menggiurkan.
Ternyata rasanya unik! Saat pertama kali saya menggigitnya, tekstur buah itu empuk dan sedikit renyah, serta rasanya cukup manis. Rasa manis itu saya pastikan sebagian besar berasal dari butir-butir gula pasir yang menempel pada permukaan luar buah. Setelah saya menguyah buah tersebut, rasa asam mulai terasa hingga akhirnya kunyahan buah jamblang terakhir menyisakan rasa sepat di lidah saya. Merupakah suatu pengalaman menarik memakan buah jamblang, karena baru pertama kali dalam hidup saya. 


Mengenal jamblang

Sekarang, mari kita berkenalan dengan buah jamblang. Berdasarkan beberapa literatur serta informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, buah Jamblang atau disebut juga buah duwet memiliki nama ilmiah Syzigium cumini.

Buah ini berasal dari kawasan India Timur dan tumbuh dengan baik di wilayah tropis. Oleh karena itu, jamblang termasuk ke dalam buah-buahan tropis.

Struktur buahnya hampir serupa dengan jambu air. Oleh karena itu, buah jamblang termasuk ke dalam suku Myrtaceae (jambu-jambuan). Di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang dikenal dengan nama yang berbeda-beda antara lain, jambu kling (Gayo), jambe kleng (Aceh), jambu kalang (Minang kabau), jamblang (Betawi dan Sunda), juwet, duwet, duwet manting (Jawa), dhalas (Madura), juwet (Bali), klayu (Sasak), duwe (Bima), jambulan (Flores), raporapo jawa (Makasar), alicopeng (Bugis), dan jambula (Ternate).

Jamblang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketinggian 500 m dpl. Tinggi pohonnya bisa mencapai 10 – 20 m. Pohon jamblang berbatang tebal, tumbuh membengkok, dan bercabang banyak. Bagian daunnya berwarna hijau, tebal, lebar, dan memiliki pertulangan menyirip.

Bagian bunga jamblang tumbuh di ketiak daun dan di ujung percabangan. Kelopaknya berwarna hijau muda dan berbentuk lonceng. Mahkota bunganya berbentuk bulat telur, serta memiliki benang sari berwarna putih yang berbau harum.

Bagian buah jamblang berbentuk lonjong dan berukuran sekitar 2-3 cm. Buahnya berwarna hijau ketika masih muda, dan berwarna ungu kehitaman ketika telah matang. Daging buahnya berwarna putih. Rasa buahnya manis, masam, dan sepat. Buah jamblang juga memiliki biji berwarna putih berbentuk seperti kapsul.


Aneka manfaat jamblang

Saat ini di Indonesia, jamblang tergolong ke dalam tumbuhan langka. Kurangnya pembudidayaan tumbuhan tersebut, merupakan salah satu faktor utama terkait dengan kelangkaannya.

Padahal, jamblang memiliki segudang manfaat. Hampir seluruh bagian tumbuhan tersebut telah diketahui kegunaannya. Berdasarkan beberapa penelitian, berikut ini manfaat jamblang:

- Bagian kulit kayu bermanfaat untuk mengobati diabetes;

- Bagian daunnya memiliki banyak kegunaan, antara lain sebagai antioksidan, anti virus, anti inflamasi (penghilang radang), dan berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah (anti diabetes), mengobati konstipasi, dan menghilangkan alergi;

- Bagian buahnya kaya akan kandungan antosianin yang berperan penting sebagai antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas.

- Buah jamblang berpotensi sebagai anti kanker;

- Zat antosianin yang memberikan warna ungu pada kulit buah jamblang, juga merupakan sumber pewarna alami yang sangat potensial digunakan dalam industri pembuatan makanan;

- Selain antosianin, buah jamblang mengandung zat-zat antara lain Vitamin C, Vitamin A, Riboflavin, kolin, asam folat, asam amino;

- Buah jamblang juga mengandung aneka zat mineral, antara lain natrium, kalium, kalsium, posfor, zat besi, seng, dan mangan;

- Manfaat buah jamblang lainnya, yaitu sebagai penurun kolesterol dan anti diabetes.

Dengan demikian, predikat tanaman obat dapat disematkan pada jamblang. Selain sebagai tanaman obat, kayu pohon jamblang tergolong ke dalam jenis kayu yang istimewa karena sangat kuat dan tahan dari kerusakan yang diakibatkan oleh air dan rayap.

Salah satu negara yang telah memanfaatkan jamblang secara optimal yaitu India. Di India, jamblang dibudidayakan dengan baik karena merupakan komoditas yang bernilai ekonomi tinggi. Buah jamblang digunakan sebagai bahan baku selai, jeli, es krim, dan cuka. Bagian kayunya digunakan untuk membuat arang, jembatan, perahu, dayung, tiang, alat pertanian, gerobak, bantalan rel kereta api, dan bagian bawah gerbong kereta api. Bagian kulit kayunya mengandung zat tanin yang digunakan untuk meyamak kulit dan membuat jala ikan.

Bagian daun jamblang dijadikan pakan ternak dan makanan bagi ulat sutra tasar. Selain itu, bagian daunnya dijadikan sebagai penghasil minyak atsiri yang digunakan sebagai bahan pewangi dalam industri pembuatan sabun dan parfum.

Sementara itu, bagian bunganya kaya akan nektar dan berguna untuk memelihara lebah sehingga dapat menghasilkan madu berkualitas tinggi. Oleh karena itu, pembudidayaan jamblang sebenarnya sangat penting untuk dilakukan.
Lia Nurbanillah Fujianti, S.Si
Mahasiswi Magister Bioteknologi
Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
Institut Teknologi Bandung
Redaktur: Miftahul Falah
BUAH KAWISTA
Pada pameran pangan nasional Jakarta Food Security Summit 2012, para pengunjung yang mampir ke stand Kabupaten Karawang tampak heran dan bertanya-tanya ketika melihat aneka bibit tanaman buah-buahan yang ada di stand Karawang. Terutama buah kawista. Banyak yang belum mengenal jenis buah ini. Banyak yang belum tahu, di karawang terdapat banyak tanaman dan buah-buahan yang khas dan langka.
Buah Khas KarawangWawan Kustiawan Syarief (43 tahun), inilah sosok penangkar tanaman buah yang konsisten membudidayakan dan mengembangkan berbagai jenis tanaman buah langka, terutama tanaman buah khas Karawang sejak 2007 silam. Tidak hanya menangkar dan mengembangkan, ternyata seiring waktu, Wawan dengan berbagai upaya terus berjuang mengenalkan tanaman-tanaman buah yang dikembangkannya ketingkat provinsi hingga nasional, salah satunya dengan mengikuti pameran yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 7-10 Februari 2012 tersebut.
“Kita (karawang) punya tanaman buah lokal dan khas Karawang. Saya, melalui Axar Qiara ingin semua orang tahu bahwa banyak buah langka yang berasal dan tumbuh subur di Karawang,” ujar Wawan ketika KarIn temui disela-sela pameran.
Khususnya kawista, Wawan mengatakan buah kawista layak menjadi ikon buah Kabupaten Karawang.
“Jika subang menjadikan nanas sebagai ikonnya, Karawang pun punya buah khas yang layak djadikan ikon Karawang, yaitu kawista. Karena faktanya buah kawista banyak terdapat di Karawang sejak dulu,” terang Wawan.
Dari hobi menjadi bisnis
Tanaman Buah Langka Karawang“Awalnya karena hobi, lama-lamaan karena juga ada prosfek bisnis, maka saya seriuskan. Setidaknya, bisa mengoptimalkan lahan kosong di depan rumah menjadi lebih produktif,” tambah pria yang juga berdagang di Pasar Telagasari Karawang ini.
Jika dlihat dari latar belakang pendidikannya, Wawan yang lulusan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, memang cukup aneh jika pada akhirnya Ia kini jadi pemulia tanaman buah langka. Tapi ditengah situasi seperti sekarang, menurut Wawan latar belakang pendidikan tidak harus menjadi alasan yang menghalangi untuk turun kelapangan, menjadi wirausahawan maupun petani.
Kini, melalui badan usahanya yang Ia namai CV Axar Qiara Nursery, Wawan telah mengembangkan lebih dari 100 lebih tanaman buah langka, yang sebagian besar merupakan khas Karawang.
Kawista, golodog, sempur, kalangkala, kepel, nagasari, mangga hitam, itulah nama-nama buah langka unggulan Karawang yang dikembangbiakan Axar Qiara.
Penasaran? Ingin melihat secara langsung proses pembudidayaan atau ingin memiliki koleksi berbagai tanaman buah langka Karawang ini? Anda bisa datang ke Axar Qiara yang berlokasi di Jl. Pramuka No.11 Telagasari Karawang. (Deni Andriana)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kata kata pembakar semangat 2 bahasa Inggris

othing is impossible equals anything is possible ================================================== ===== We cannot waste time. We can only waste ourselves... ================================================== ===== We spend 30% of our life sleeping and 20% studying at school Give more than you can take ! ================================================== ===== There are no people born losers or born winners ================================================== ===== When you're down don't let yourself in the dark, Even your shadow run away from you. ================================================== ===== Giving up doesn't always mean you are weak, sometimes it means that you are strong enough to let go ================================================== ===== Experience is a great teacher; adversity is a greater ================================================== ===== The world you imagine is more real than your reality, Because that’s where our reality comes from. =========

Sejarah JABBAWOCKEEZ

Jabbawockeez   adalah   sebuah   tari   modern   semua laki-laki   /   hip   hop   crew   dari   San   Diego , California   yang   memenangkan   musim   pertama dari   realitas   kompetisi   tari   Amerika 's Best  Dance Crew .  Sejak   menang ,  kelompok   ini   telah mendapatkan   eksposur   yang lebih besar   dengan tampil   di   berbagai   video musik   dan   iklan ,  tur internasional , dan melakukan  dengan   Shaquille   O ' Neal  pada   All - Star  Game   NBA   2009 .  Mereka dikenal   karena   memakai   topeng   putih   polos   dan sarung tangan   untuk   mendorong   penonton   untuk fokus   pada   gerakan   mereka sebagai   kelompok bukan   pada   individu   penari .   Nama   mereka   berasal  dari   puisi   Lewis   Carroll   " Jabberwocky"  tentang  mitos   naga   eponymous . sebelum ABDC  Phil "Swaggerboy" Tayag, Kevin "KB" Brewer , dan Joe "Emajoenation" Larot mulai tampil sebagai trio disebut " Threemusky

Trainz Simulator 12 (PC) Free Download Full Version No Torrent

Release-Date: 12/12/11  Protection: Serial  Disc Count: 1 DVD  Game Type: Simulator  Languages: EN / DE / FR / PL / CZ / RU / JP In Trainz Simulator 12 player will have a large fleet of locomotives, from the old steam models to modern electric locomotives. Continuing the fine tradition of the game you will have the opportunity to admire the beauty of the vast expanses of the former Soviet Union. Map and scenario "Fantasy", developed by a group of fans of this game will give you the opportunity to take a fascinating journey through the expanses of the Ukraine, not only through space but through time. During the hour-long trip you will see a shift of all four seasons. Build and operate the railroad of your dreams ... Now, together with your friends! In Trainz Simulator 12  came one of the most impressive features of the history of Trainz - the possibility of a multiplayer online game!  From now on, rail fans around the world can not only communicate with each other, and to